30 Days Creatives #12 - Gembira Loka + SunMor + Jalan Kaki dan Makanan Murah di Yogya

Jadi ini malam terakhir aku di Yogya. Waktu tuh berasa nyerepet banget, udah kaya angkot ajah. Dua hari itu aku bener-bener habisin buat jalan-jalan. Nelusurin kota Yogya berdua dengan temenku. Dan kali ini jalan-jalannya bener-bener dinikmatin banget. Kita gak nargetin buat pergi-pergi kemana-mana, atau tempat mana yang harus ktia tuju dalam satu waktu. Yang kita cari cuma kenyamanan dan chillin time ajah.

Kali ini jalan-jalanku bener-bener berasa jalan-jalan dan menikmati setiap jengkal waktu. Aku juga gak banyak foto-foto atau nyari spot foto bagus buat di upload di Instagram. Kali ini aku kaya kalo nemu ya syukur, kalo enggak juga gak apa-apa. Yang penting kita bisa nikmatin tempat tersebut dengan hati damai tanpa harus buru-buru ke satu tempat dan ke tempat lainnya.

Makanya tiga hari tersebut, aku sama temenku cuma dateng ke tempat-tempat yang emang bisa kita kunjungi sambil jalan kaki. Tempat-tempat yang bisa aku kunjungin sambil ngobrol dan makan gorengan setelah lelah jalan. Dan akhirnya kesampean.

Gembira Loka

Hari ke dua di Yogya, aku ngabisin waktu buat jalan-jalan di kebun binatang. Nama kebun binatang di Yogya ini Gembira Loka. Sebelumnya sempat ragu, ngapain harus ke kebun binatang. Kan bau, kan kotor dan lain sebagainya. Tapi, aku tahu itu cuma hayalan aku. Karena aku belom pernah seumur hidupku ke kebun binatang. lolol. 

Kebun binatang Gembira Loka luas banget. Aku ngabisin waktu di tempat tersebut seharian dan ngelilingin seluruh tempatnya. Aku hampir gak berhenti keliling dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Kita cuma berhenti buat minum dan beli gorengan. Diselingi dengan cerita-cerita dan ngliat pertunjukan. Sisanya kita banyak jalan kaki dan liatin binatang-binatang.

Tetapi, dateng ke tempat kaya gitu sebaiknya kalian bawa minuman sama makanan deh. Soalnya harga makanan di dalem kebun binatang selangit. Fruit Tea aja Rp. 12.000, dan gehu ajah 2000 satu potong. Kan gile tuh. Jadi, lebih baik kalian siapin minuman dan makanan sebelum berangkat. Kalian beli lah dulu dari swalayan, dan bisa kalian makan di taman-taman kebun tersebut. Banyak spot yang bisa kalian gunakan buat nyantei dulu sejenak, pohon-pohon rindangnya juga nyejukin banget. Jadi cocok banget deh buat kumpul-kumpul keluarga atau sama temen-temen kalian.

Oh iya dan tiket masuk Gembira Loka waktu Agustus 2017 bulan ini Rp.30.000. Kata temen aku sih itu harga week end. Tapi jujur aku puas banget dengan harga segitu bisa keliling ke seluruh kebun binatang yang ditata dengan rapi dan dipoles dengan indah. Penataan tamannya sangat cozy banget, jadi betah lama-lama di tempat tersebut. Dan untuk kalian yang bawa bayi juga bawa kereta dorong buat bayi gak bakal kesusahan, karena jalannya sudah diatur sedemikian rupa biar bisa dilaluin siapa aja. Termasuk orang yang harus pake kursi roda.

SunMor

The Next Day aku dateng ke Sunmor, Sunday Morning atau pasar tumpah di UGM. Jadi setiap hari minggu di Yogya juga ada pasar tumpah, tempatnya di UGM. Gak tahu deh kalo di tempat lain di mana. Bedanya pasar tumpah di UGM sama di Bandung, kalo menurut aku sih lebih tertib ya. Jadi tempatnya kaya di jalan gitu. Para pedagan tertib banget bikin lapak di bahu jalan, atau di trotoar. Satu bagian lagi di bagian tengahnya jalan. Dan satu lagi di trotoar sebrang. Jadi pembeli tidak semrawut karena saling berlawanan arah.

Sama seperti yang lain, jualan yang di jajakan adalah makanan, pakaian dan barang lain. Dengan harga yang miring banget. Kalian di sini masih bisa nemuin tas kosmetik yang harganya Rp.10.000 dan barang dengan harga miring lainnya. 

Jajanan-jajan sederhana mulai dari telur gulung, telur bulat, sosis, hingga jajanan modern seperti zupa sup juga tersedia. Apalagi di sini kalian bisa nemui es gabus, jajanan anak tahun `90an dengan harga Rp.5000 ajah. Dan rasanya maknyus banget.
Terus kalo kalian cape dan pengen makanin jajanan kalian dulu sebentar. Kalian bisa masuk ke taman mesjid UGM. Tamannya adem banget, enak buat istirahat setelah jalan-jalan seharian di pasar tumpah tersebut. Pokoknya kalian rasain deh, beli es cincau sambil makan telur gulung di bawah pohon rindang taman mesjid UGM. Rasanya beuh, gak ada duanya dengan cozy nya.

Jalan Kaki

Jadi aku bilang ke teman aku kalau kali ini aku pengennya jalan-jalan itu yang jalan kaki banget. Dan ternyata bener, temen aku ngajak jalan kaki. Mulai dari di kebun binatang Gembira Loka kita jalan kaki nyusurin semua tempat di sana. Kita gak lewatin satupun. Pokoknya semua yang ada di peta kita telusurin. Dan memang manfaat yang aku rasain waktu jalan kaki itu, aku ngerasa bisa nikmatin apa yang ada di sekitar aku. Aku bisa nemuin pohon rindang yang daunnya berwarna kekuningan dan jatuh di atas kepalaku. Kemudian angin yang berhembus ngasih hawa yang sejuk setelah lelah berjalan. Itu tuh kerasa banget nikmatnya.
Terus menuju Sunmor UGM kita juga jalan kaki banget. Dari kampus UIN Sunan Kalijaga, menuju UGM kita jalan kaki. Dan setelah di cek di aplikasi Gojek, ternyata jaraknya hampir 3.1 KM. Kan lumayan bikin gempor kaki tuh.Tapi sumpah aku gak ngeluh, aku malah seneng bisa jalan kaki di sekitaran Yogya.

Jajanan Murah

Pulang dari Sunmor aku diajakin jajan di SS (Spesial Sambel). Jaraknya gak begitu jauh dari UNY. Jadi di tempat tersebut kalian bisa makan dengan pilihan sambel yang bermacam-macam. Kaya sambel ati, sambel tahu, sambel bawang goreng, pokoknya banyak banget pilihannya. Dan untuk lauknya, juga beragam mulai dari ikan, seafood, ayam dan telor juga ada. Dan untuk nasinya kalian bisa nambah lagi kalo kurang, dan yang pasti gratis loh.

Dan aku pesen ikan lele bakar yang tertera harganya cuma Rp.7000 satu porsi. Dan kalian tahu satu porsinya itu berapa ikan? Dua, sodara-sodara. Ikan lelenya itu gede pula. Bisa kalian bandingin lah gedenya sama yang biasa di jual-jual di pecel lele pinggir jalan Bandung. Dan itu kenyang banget. Sedangkan untuk sambelnya aku pesen sambel ati. Dan pedesnya luar biasa.

Jadi mereka kaya ngasih tahu level pedasnya gitu dengan kata-kata unik. Kaya `perhatian` atau gimana gitu di setiap menu sambelnya. Jadi itu buat ngasih tahu ukuran pedasnya. Dan aku kaget banget waktu liat harga di billnya. Harganya murah banget dengan porsi yang bikin puas deh pokoknya. 
Dan lagi, kalian jangan heran dengan harga-harga makanan yang murah-murah banget di Yogya. Aku aja kaget waktu temen aku beli lauk di samping kampus. Dia bisa beli sayur kangkung dengan harga Rp.2000 dan banyak. Dan jangan lewatin angkringan yah kalo ke Yogya, harga nasi kucingnya gak kaya di Jakarta, cuma Rp.2000 di sini mah. 

Oke jadi, segitu aja cerita Yogya aku. Aku mau pulang kampung, dan gak tahu aku bakal bisa nulis atau enggak. Soalnya kalo di rumah banyak banget godaannya. Semoga bisa deh ya. Dan aku tetep bisa produktif selama tiga puluh hari. Selamat malam. Have a nice day. And have a cup of coffee today :)
Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel