30 Days Creatives #14 Ke Kota Sate Maranggi


Jadi kemaren tanggal 11 September aku dateng ke undangan temen di Purwakarta. Aku selama tinggal di Bandung belum pernah menginjak kota yang bernama Purwakarta. Sering banget denger nama kota tersebut, tapi gak pernah nyoba untuk berangkat ke sana. Dan kali ini aku dapet kesempatan buat pergi ke sana. Dengan kantong yang kosong, dan tekad yang kuat, aku dan temen berhasil ke sana dengan selamat haha.

Jadi aku mau kasih tau rute yang waktu kemarin aku pake sama temen aku, Ucu. Baik aku, maupun Ucu belum pernah ada yang ke sana. Jadi kita cuma pake petunjuk dari si Manten itu. Dan tujuan kita kemarin itu, ke kampung sebelum ke Wanayasa.

Jadi waktu itu kita naik dari Cileunyi pake bis ekonomi Garut - Bekasi. Pastikan ekonomi ya gaes, karena tarifnya bakal dibedain entar ke Purwakarta sama ke Bekasi. Kalian tau sendiri kan kalo pake bisnis, entar harganya di samain sama yang ke tempat tujuan terjauh. Nah terus kalo kita harus nunggu di bagian pagar masuk. Kan kalo di Cileunyi itu di arah tol ada pagar pembatas buat bis lewat. Nah pagar batas tersebut biasa dilewatin bis-bis ekonomi. Jadi pastikan buat nunggu di sana, biar bisnya gak kelewat.

Terus kita nanti harus turun di Sadang. Ongkos dari Bandung ke Sadang Rp. 22.000. Setelah itu kita naek angkot 01 ke Pasar Rebo dan tarifnya kalo gak salah cuma Rp.4000. Dan pas naek angkot aku takjub banget sama kota yang ada di Jawa Barat ini. Kotanya asri dan banyak pernak-pernik seperti lampion di atas jalan. Kayanya kalau malem, lampion itu dinyalain. Dan jadilah kota dengan cahaya lampion, dan pastinya indah banget. Terus kita juga ngelewatin air mancur terbesar se Asia Tenggara. Namanya air mancur Sribaduga. Tadinya kita mau mampir dulu ke sana, tetapi, karena aku kira kita bakal balik ke arah yang sama, jadi mending ke tempat tujuan dulu. Dan ternyata, kita pulang ke arah berlawanan, jadi sayang banget deh dilewatin. Terus katanya air mancur ini kalo malem minggu selalu dibuka dengan gratis, dan ada pertunjukan air mancur warna-warni gitu pake desain lampu kaya di luar negeri sana. Keren banget gak sih..

src : Suara Ekonomi
Setelah sampe di Pasar Rebo, kita naek ankot ke Wanayasa yang warnanya kuning. Arahnya cukup jauh, kita sampe bayar Rp.10.000 buat sampe ke sana. Dan setelah pulang dari kondangan itu, aku mampir dulu ke tempat jualan makanan ringan. Dan ternyata ada makanan kesukaan aku, makanan khas Purwarkarta namanya Simping. Simping itu rasanya asin, dan pake kencur. Jadi rasa kencurnya kuat banget. Buat temen ngopi atau ngeteh enak banget deh. Cobain.
males take foto sendiri, jadi ngambil dari Merah Putih.
Karena dateng ke kota jauh, kita gak mau ngelewatin kesempatan buat mampir di tempat wisatanya. Kebetulan ada tempat wisata yang dekat dari tempat yang kita kunjungin. Tempat tersebut namanya Situ Wanayasa. Ke situ Wanayasa kita naek angkot yang kuning tadi yang ke Wanayasa. Terus tanpa harus tanya kita entar bakal liat situ yang luas dengan penataan tempat wisata yang sempurna. Di sana banyak tempat makan dan tempat kumpul keluarga. Ada kafe yang nyaman banget, terus jalan di samping situ, enak banget buat di pake jalan sore, baik sepedahan atau jalan kaki. Dan di tengah-tengah situ tersebut ada satu makam yang dikeramatkan, katanya sih makam itu kadang suka di Ziarahi sama orang-orang yang datang ke sana.

src : Merah Putih

Kita gak naik wahana apa-apa di sana. Kayanya kalo hari libur kita bisa naek rakit ngelilingin situ. Tapi aku cuma nikmatin suasanya dan jalan ngelilingin situ. Hingga akhirnya kita nemuin tempat makan sate yang enak. Namanya sate bah Ocid. Sate bah Ocid ini tempatnya ada di sekitar situ. Di tempat paling ujung dari pintu masuk, di samping restoran-restoran gede. Dan sate bah Ocid ini luar biasa mantepnya. Sate maranggi buatan bah Ocid, katanya diolah dengan sate lokal. Dan dengan proses direbus dulu, jadi semua dagingnya tidak alot.
Kita disajiin tiga buah nasi timbel, mau dihabisin atau engga terserah. Dan satu tusuk harga sate bah Ocid, cuma Rp. 1500. Dan rasanya maknyus banget. Kita dikasih tiga macem sambel, sambel kecap, sambel goang, sama sambel kacang. Dan rasa dari semu sambel tersebut bikin seger dan mantep banget di pasangin sama tuh sate sapi. Luar biasa deh nikmatin keindahan danau sambil nikmatin sate marangginya khas Purwakarta. Karena kekenyangan pulang dari kondangan, kita cuma ngabisin satu timbel nasi sama 15 tusuk sate, dan harganya cuma Rp. 25.000 saja.
Nah, setelah dari Situ Wanayasa, kita pulang ke arah yang berlawanan dari kita berangkat. Kita pulang ke arah Subang. Dari Situ Wanayasa kita naek angkot ke daerah Cagak di Subang. Terus dari sana ada mobil elf jurusan Subang - Bandung sampe stasiun Ledeng. Udah deh nyampe Bandung dengan capek. Hehe

Jadi, kalo kalian ke Purwakarta, jangan lupain dua makanan khasnya. Simping sama sate Maranggi. Dan sate ini terkenal banget gaes di mana-mana. Bahkan di dinasnya aja sate maranggi dijadiin Go Internasional sama pemerintahnya. Keren baget gak sih.

Oke segitu aja tulisan hari ini, see you in the next trip and next journey gaes. Selamat pagi. Have a morning coffee.
Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel