30 Days Creatives #15 Kalau Saja Kita Rajin Mencari

How are you, consitent?

Jadi kali ini aku mau cerita sedikit tentang manfaat dari perkembangan internet dewasa ini. Ini karena aku kesel sama temen yang baru-baru ini dateng ke kosan aku, dan balik lagi nanyai hal yang sama.

Jadi gaes, di era modern ini dimana komunikasi, nyari informasi, nyari lowongan kerjaan itu segampang balikin telapak tangan itu bener (masalah diterima atau engga, itu urusan lain). Keberadaan internet sebagai media yang bisa diakses oleh semua kalangan seharusnya bisa menjadi bagian dari fasilitas yang bisa sepenuhnya kita manfaatkan.

Jadi begini, kemarin-kemarin aku dapati temenku yang katanya punya ide mau bikin bisnis ini dan itu. Dia tanya ke aku soalnya aku udah bergelut di YouTube. Dan dia yakin dia juga mau ngembangin bisnisnya di sana. Dan minta bantuan aku. Hari pertama aku jelasin sampe detil apa yang mesti dilakuin kalo mau pake YouTube dan cara hasilin duit. Sampe ke hal-hal yang harus dan tidak harus dilakukan aku jelasin semuanya. Dan dia bilang `oke, i will do it.` Dan dia nyatet poin-poin yang udah aku kasih tau.

Tetapi ternyata gaes, hari selanjutnya dia kembali datang ke kosan aku. Dan nanyai hal yang sama. Dan belum ngerjain apa yang udah aku omongin kemarin sore. Dan aku mengernyitkan dahi.

Bukan masalah aku gak mau ditanyain atau direpotin. Aku seneng banget kalo bisa bermanfaat buat orang lain dan bisa bagiin apa yang aku tahu. Tetapi, kesel juga loh gaes kalo kita udah jelasin berbusa-busa, dan orang tersebut balik lagi dengan pertanyaan yang sama. Hello, i am not Google, that you can ask `em everytime without getting tired. Masih mending kalo dia itu anak kecil yang belum tahu apa-apa masalah internet. Dia orang dewasa yang udah ngerti cara menggunakan internet. Dan juga punya smartphone dan akses Wifi gratis.

Maksudku gini. Jadi, kita udah punya akses mudah buat bisa mengakses internet dengan mudah. Banyak informasi yang bisa kita gali dari internet, kalo udah stuck pencarian kita tanya ke orang lain itu bagus. Kita gak bisa selamanya dicekokin sesuatu yang udah siap makan. Kita harus bisa nyari sendiri. Mental seperti itu haruslah dibangun. Jika terus bertanya dan tidak dikerjakan, tanpa mencari kembali informasi lain yang mungkin bermanfaat. Sia-sia coy.

Untuk permasalahan bisnis di internet, banyak banget informasi yang bisa kita dapatkan dari internet. Aku belajar cara mengembangkan YouTube dan bisa ngasilin duit juga cuma belajar dari internet. Memang pintunya yang ngenalin aku ke YouTube itu kakakku. Tapi, aku gak bisa bayangin kalo aku terus nanya-nanya ke kakak masalah yang padahal bisa aku cari sendiri di internet. Dia gak ngasih tahu bagaimana cara daftar adsense, bagaimana agar video bisa naik dengan cepat. Dia cuma bilang, YouTube itu lebih gampang ngasilin uang daripada blog. Dan aku coba nyari dan coba bikin akun.

Dan yang aku rasain ya gaes, ketika nyari sendiri dan dilakuin. Itu kita bisa jadi lebih kenal dengan karakter dari suatu hal yang kita ingin pegang. Kalo cuma tanya-tanya dan gak dilakuin, sama aja dengan pengen BAB terus males ke kamar mandi. Bye.


Curhatan geje ya gaes, tapi semoga ada yang bisa dipetik dari cerita ini.


Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel