30 Days Creatives #17 The Human Panda

Eddi Huang
Source : Viceland

Eddie Huang

 "Is a good dude and has a good show, but he's pretty racist against white people lol" - white jared
Aku nemuin orang keren lagi dari kegiatan ngeYoutube. Karena sering ngeYoutube, jadi banyak video yang aku temuin dan itu menarik. Salah satunya adalah ketemu The Human Panda, Eddi Huang.

Eddi Huang, adalah seorang chef imigran dari Taiwan. Tapi, dia bukan chef biasa yang hanya pintar memasak dan memiliki restoran. Dia punya acara jalan-jalan dan nyari makanan, yang keren banget. Kenapa aku bilang keren? Karena di acara tersebut, dia gak melulu bicara soal makanan. Dia bicara tentang kebudayaan, kehidupan sosial dan kehidupan politik dari negara-negara yang ia kunjungi dan dari makanan khas mereka sendiri.

Kehidupan imigran bukanlah kehidupan yang mudah. Kita bisa mendengar banyak cerita dari imigran, betapa sulitnya kehidupan mereka sebagai pendatang. Termasuk di Indonesia sendiri, pendatang Cina adalah orang yang sangat kesulitan hidup di negara Indonesia. Tidak terkecuali Eddi Huang. Di Amerika dia tidak bisa dianggap sebagai orang Amerika, dan di Taiwan dia bukan lagi seorang Taiwan. Meskipun sekarang mungkin lebih baik. Aku gak bisa deskripsikan banyak soal ini, karena aku gak punya pengalaman masalah ini.

Aku senang dengan orang ini karena dia adalah orang yang sangat menjunjung tinggi multikulturalisme. Kenapa aku bilang kaya gitu? karena acara yang dia bawakan sendiri adalah acara keren yang memang mengangkat fakta-fakta dari orang-orang yang terpinggirkan. Dia menguak sisi yang orang lain tidak pernah sentuh. Dan ada tempat yang paling bikin pengen nangis saat nontonnya, ketika Eddi dateng ke kota Detroit. Kota Detroit setelah aku searching adalah kota yang mengalami kebangkrutan. Banyak orang yang menjadi pencuri di kota tersebut, karena rendahnya perekonomian yang mereka dapatkan. Rumah-rumah yang mereka tinggali harus dihancurkan oleh pemerintah, banyak yang menjadi gelandangan. Dan salah satu orang yang dikunjungi Eddi, adalah seorang kakek yang tidak punya tempat tinggal. Dia mengumpulkan puing-puing bangunan yang sudah tidak layak pakai. Anjingnya yang kelaparan yang selalu mencari cela untuk memakan makanan sisa dari majikannya. Kondisi yang sangat menyedihkan terjadi di kota tersebut.

Yang sering bikin aku ngakak, setiap kali dia berbicara dengan orang kulit putih. Dia kadang menyindir mereka dengan cara bicaranya yang jenaka. Dia sering menyindir orang kulit putih, karena mereka adalah orang yang selalu merasa menjadi ras paling baik. Dan menindas terhadap kulit hitam, termasuk juga Asia.

Setiap makanan yang ia temui di setiap negara yang dikunjungi, selalu ia gali dari sisi politisnya dan dari sisi kebudayaannya. Sehingga, meskipun aku gak terlalu ngerti sebagian obrolan yang dia bicarakan, tapi aku kagum dengan acara seperti ini. Nambah pengetahuan kita, dan betapa kita bisa mengengali sebuah kebudayaan, sebuah kondisi politik dari makanan yang mereka sajikan setiap hari di meja makan.

Dari Eddi Huang, aku merasakan semangat untuk selalu mencari tahu dan selalu maksimal dalam menjalankan segala hal. Dia keren, dan salah satu orang yang baru-baru ini aku kagumi.
Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel