30 Days Creatives #8 - Do it now or never

Jadi kemarin dua hari aku gak nulis karena lupa dan kecapean. Karena apa? Ya, karena aku gak nulis di pagi-pagi setelah aku bangun. Akibatnya aku harus menunda nulis sampai malam hari karena harus kesana kemari. Dan akhirnya malam harinya aku kecapean dan ngantuk berat, hingga menulis pun harus kelewat.

Dan ternyata itu sering banget aku lakuin. Ya, menunda-nunda. Aku sering banget kesel ketika aku menunda satu hal dan pada waktunya aku gak bisa ngerjain hal tersebut. Hal tersebut biasanya aku tunda karena aku punya pekerjaan yang lebih menarik atau ingin mengerjakan hal lain seperti santai dulu atau hal yang tidak penting lainnya.

Dan tahu gak sih akibat dari nunda itu apa, NYESEL. Aku sering nyesel karena menunda-nunda suatu hal. Seperti misalnya kemaren banget, waktu aku dapet info dari temen soal lowongan peneliti di Bandung. Aku gak meriksa pesan itu sampe habis, dan membiarkannya untuk dibaca besok, karena memang kemarin aku sedang sibuk ngedit video untuk di upload. Dan ternyata, setelah keesokan harinya aku baca, lowongan tersebut berakhir hari kemaren, tanggal yang sama waktu pesan tersebut teman aku kirim. Dan aku nyeselnya gak karuan, karena tidak membaca secara tuntas pesan tersebut.

Menunda-nunda suatu pekerjaan adalah hal yang enggak boleh banget kita lakuin. Aku sering banget denger temen-temen aku yang sering nenunda ngerjain tugas waktu kuliah dan pada saat waktu udah deket mereka harus kelabakan nyari kesana kemari untuk ngerjain tugas tersebut. Dan tidak sedikit dari mereka melakukan hal yang curang dengan cara copy paste kerjaan orang lain. Kalau hal tersebut menjadi kebiasaan, akan membentuk mental orang-orang pemalas dan mental orang SKS (Sistem kebut semalam) sehingga selanjutnya akan juga membentuk orang-orang yang inginnya praktis saja.

Yang artinya, ketika orang ingin melakukan suatu hal dengan praktis ia tidak mengenal yang namanya proses yang melelahkan dan panjang. Memang terkadang hasil tidak seimbang dengan proses, tetapi ketika kita melakukan suatu pekerjaan dengan merasakan prosesnya yang panjang dan melelahkan, kita akan merasa puas terhadap diri kita sendiri. Dan kita juga bisa bangga terhadap diri sendiri yang sudah maksimal mengerjakan suatu hal. Mungkin Tuhan juga tersenyum ngeliat kerja keras kita, meskipun misalnya hasil yang kita berikan tidaklah sebagus mereka yang SKS.

Dan berbicara tentang proses, aku akhir-akhir ini dapet curhatan temen yang sedang ingin mengikuti caraku bekerja. Mereka mau ikutin aku karena mereka udah lihat hasilnya. Tetapi sayangnya, dia selalu mengeluh karena dia ngerasa hasil kerjanya tidak seperti punya aku. Dia ingin hasil kerja yang baru dia lakukan sama hasilnya seperti aku yang udah ngerjain setaun. Dan aku fikir itu nonsense. Gak ada kerjaan yang hasilnya bisa dinikmati langsung. Pengen kelapa aja harus manjat dulu baru bisa minum airnya. Apalagi untuk pekerjaan semacam ini. Kita harus menikmati proses dan terus konsisten dengan apa yang ingin kita raih. Aku mungkin di lain hal gak bisa gitu, tetapi ketika senang dengan hal tersebut aku bisa terus berada di jalur itu dan bertahan dengan benturan-benturan yang ada.

Jadi guys, intinya gak ada yang gratis di dunia ini. Pengen internetan gratis aja kalian harus usaha nyari PVN yang bagus dan setting-setting HP biar bisa berhasil dapet internetan gratis. Apalagi untuk nyari uang. Gak ada kerjaan yang mudah di dunia ini, kita perlu usaha dan proses yang maksimal untuk mendapatkannya.
Jadi tulisan ini semacam refleksi buat aku sendiri, agar aku belajar untuk mengurangi kebiasaan menunda-nundan pekerjaan. Semoga kalian juga teman-teman. Have a nice day, have a cup of coffee today. :)
Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel