30 Days Creatives #19 Refund Tiket Kereta di Stasiun Kiara Condong

Stasiun Kiara Condong
Source : Serba Bandung
Jadi, karena bingung mau cerita apa, sekarang aku mau sedikit berbagi tentang Refund tiket kereta api di Stasiun Kiara Condong Bandung.

Jadi kenapa aku refund tiket kereta api tersebut? Begini ceritanya:
Aku kan ikutan tes CPNS gitu di Kemenag. Nah, setelah lulus pemberkasan, aku udah dapet jadwal buat tes CAT. Kebetulan tempat aku tes dan tempat aku apply CPNS sama-sama di Purwokerto waktu itu. Karena takut kehabisan tiket, gak lama setelah pengumuman, langsung deh aku pesen tiket kereta pake traveloka. 

Gak lama kemudian, beberapa jam, gak sampe satu hari setelah pemesanan ternyata ada pengumuman lagi perubahan jadwal dari Kemenag. Dan aku gak mau buru-buru balikin tiket waktu itu, karena Kemenag bilang kalau tes dan pengumuman tempatnya akan segera diumumkan kembali dalam waktu yang gak lama. Maka, aku putusin buat gak buru-buru refund itu tiket.

Dan ternyata, CPNS tahun 2017 ini agak ngeselin. Karena nunggu jadwal baru ternyata lumayan lama. Maka, terpaksa aku harus refund tiket sehari sebelum pemberangkatan. Takutnya kalau pas di hari H berangkat, aku telat dan gak bisa balik lagi tuh duit buat beli tiket.

Aku biasa beli tiket di Traveloka, karena gampang dan banyak pilihan gitu. Dan biasanya dapet poin dan banyak juga voucher yang bisa digunakan buat ngirit bayar tiket. Biasanya aku bayar di Alfamart terdekat, walaupun harus bayar biaya dll, aku tetep lebih senang beli di Traveloka.

Alhasil, aku harus refund tuh tiket ke Stasiun. Tapi ternyata refund tiket ke stasiun di Kiara Condong gak sesusah yang aku bayangin. Gampang banget, dan kayaknya si abangnya udah ngerti, karena mungkin banyak juga yang balikin tiket waktu itu. Bisa jadi, ceritanya sama kaya aku.

Gak mikir lama, aku langsung dateng ke Stasiun Kiara Condong waktu itu. Karena gak tahu harus ke mana dulu, aku langsung tanya aja ke bagian informasi/call center atau apa istilahnya lupa. Pokoknya dia ada di ruang depan yang ruangannya pake kaca semua. Datenglah aku ke sana dengan wajah bingung dan langsung nanya ke si mas-mas yang ada di sana.

Tanpa nanya kenapa dan bagaimana, si mas tersebut langsung ngasih aku kertas yang harus diisi di sana. Kalo gak salah aku harus ngisi nomor KTP dan alamat lengkap. Waktu itu aku belum cetak itu tiket di tempat nyetaknya.  Setelah itu aku langsung suruh antri di loket 1. Dan di informasi loket 1 tertara tulisan `Pengembalian Tiket`.

Gak lama setelah ngantri, giliran aku. Petugasnya langsung minta KTP dan kertas yang tadi aku isi yang dikasih sama call center di depan. Dalam data pengembalian, ternyata aku ngisinya cash. Aku kira kalo ngisinya cash bisa langsung dapet di sana. Dan ternyata harus nunggu beberapa hari sampe duitnya cair. Kalo udah cair, kita harus dateng lagi ke stasiun, dan aku males. Jadinya aku ganti sama nomor rekening. Biar kalo udah cair, duitnya bisa langsung masuk ke rekening.

Udah deh, abis itu aku pulang dengan keadaaan kecewa karena duit yang balik cuma seratus ribu dari total pembayaran segala macamnya sekitar 160ribuan. Waktu itu aku kembaliin dua tiket yang bareng aku beli buat temen juga. Potongannya sebenarnya cuma 25%, tapi karena pas di traveloka ada pembayaran lain, dan di Alfamart juga sama, jadi keitungnya lumayan gede.

Oke sekian ceritanya, semoga bermanfaat buat yang mau balikin tiket kereta ke stasiun.
Load disqus comments

0 komentar

Iklan Bawah Artikel